Muhammad Nazar Gamers Indonesia sejak 2007, Menjadi pengurus beberapa Organisasi di DKI Jakarta, Lulusan di salah satu Sekolah favorit di DKI Jakarta, Terjun di bidang blogger ini ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui website pribadi.

Definisi Globalisasi, Teori, Penyebab dan Dampak Globalisasi

2 min read

pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

apa yang kamu ketahui tentang Globalisasi ? Tentu kata itu tidak asing lagi di telinga kita. Ya, kita telah masuk ke dalam era Globalisasi, begitu pula dengan orang-orang yang berada di sekitar anda. Lalu apa arti Globalisasi ?

Secara umum, Pengertian Globalisasi adalah proses intergrasi Internasional yang lahir karena adanya pertukaran pemikiran, ekonomi,  produksi,  sudut pandang dunia dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi membuat sebuah sistem dengan melibatkan manusia yang ada di penjuru dunia. Sehingga dengan sistem itu memungkinkan terjadi pola interaksi dari masyarakat sebuah negara dengan masyarakat dari negara-negara lain.

Secara etimologi istilah globalisasi diambil dari kata ‘Globalize’ yang berarti Universal atau menyeluruh dan Liztion yang berarti proses. Sehingga arti Globalisasi adalah suatu proses yang terjadi secara Universal (Global).

Era Globalisasi di bentuk oleh banyak faktor, yaitu alat transfortasi dan telekomunikasi, perkembangan teknologi, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya. Dari faktor tersebut Globalisasi dapat mengetahui segala jenis informasi yang terdapat di seluruh Dunia dengan mudah dan cepat.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Agar kita lebih memahami Arti Globalisasi, maka kita bisa merujuk pada beberapa ahli berikut ini:

  1. Menurut John Hucklle, pengertian Globalisasi ialah suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan disalah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.
  2. Menurut Selo Soemardjan, definisi Globalisasi ialah telah terbentuk suatu metode organisasi dan komunikasi di masyarakat dari belahan dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
  3. Menurut Anthony Giddens, definisi Globalisasi adalah sebuah penggiatan hubungan sosial dengan cara mendunia yang kemudian menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya yang menyebabkan terbentuknya perubahan pada keduanya.
  4. Menurut Malcom Waters, definisi Globalisasi adalah proses sosial memiliki akibat karena adanya batas geografisa dalam kondisi sosial budaya yang tidak atau kurang penting, yang terwujud di dalam alam sadar manusia.
  5. Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, arti globalisasi adalah suatu proses yang meliputi penyebab, konsekuensi dan kasus dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia.

Teori-teori Globalisasi

Tokoh yang terkenal mengemukakan teori Globalisasi yaitu Cochrane dan Pain. Mereka yang menyatakan bahwa globalisasi dipengaruhi oleh tiga pelaku utama, yaitu:

  1. Para Globalis, yaitu suatu kenyataan yang memiliki konsekuensi fakta terhadap cara orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan.
  2. Para Tradisionalis, yaitu mereka yang tidak percaya bahwa globalisasi sedang terjadi dan menganggapnya sebagai mitos. Jika memang ada, terlalu dilebih-lebihkan.
  3. Para Transformalis, yaitu mereka yang berada di antara para globalis dan tradisionalis yang setuju bahwa pengaruh globalisasi telah dilebih-lebihkan oleh para globalis, namun juga berpendapat bahwa sangat bodoh jika kita menyangkal keberadaan konsep ini.

Faktor Pendorong Globalisasi

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan adalah proses awal terjadi nya globalisasi, melalui pengetahuan manusia bisa melakukan berbagai perubahan. Dengan berkembangnya Ilmu dan Teknologi, manusia dapat melakukan penelitian dan menciptakan sarana dan prasarana yang memudahkan orang bekerja dan beraktivitas sehari-hari.

  1. Kerjasama Ekonomi Internasional

Hadirnya kerjasama ekonomi di pasar dunia adalah salah satu faktor pendorong terjadi nya Globalisasi. Mengapa ? karena banyak negara yang saat ini menerapkan sistem ekonomi terbuka, artinya suatu negara bisa bekerjasama dengan negara-negara lain. Dengan kerjasama itulah terjadinya proses globalisasi secara terus menerus.

  1. Konflik Antarnegara Berkurang

Karena masyarakat dunia sudah menyadari pentingnya hubungan dan kerjasama internasional itulah mengakibatkan berkurangnya konflik antarnegara sehingga ketika antarnegara melakukan hubungan dan kerjasama internasional saat itu juga telah terjadi Globalisasi.

Dampak Globalisasi

Setelah kita mengetahui apa faktor penyebab terjadi nya Globalisasi, setelah penyebab maka akan menimbulkan suatu dampak, berikut adalah dampak positif dan negatif Globalisasi dari berbagai aspek kehidupan:

  1. Dampak Globalisasi di bidang Transportasi

Dampak Positif:

  • Sarana dan Prasana transportasi yang semakin canggih
  • Kenyamanan berkendara meningkat
  • Sampai ke tujuan semakin cepat karena akses yang semakin mudah.

Dampak  Negatif:

  • Pencemaran udara meningkat karena meningkatnya volume kendaraan
  • Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas
  • Mengakibatkan meningkatnya kemacetan.
  1. Dampak Globalisasi di bidang Ekonomi

Dampak Positif:

  • Peluang bisnis internasional terbuka lebar karena sistem ekonomi terbuka yang diterapkan negara-negara.
  • Adanya pasar bebas memudahkan negara-negara melakukan kegiatan ekspor dan impor
  • Meningkatnya lapangan kerja sehingga mengurangi angka pengangguran.

Dampak Negatif:

  • Masyarakat lebih memilih produk Impor dan meninggalkan produk lokal.
  • Produk lokal sulit bersaing dengan produk-produk Impor.
  • Menghambat perkembangan dari sektor industri.
  1. Dampak Globalisasi di bidang Informasi dan Komunikasi

Dampak Positif:

  • Memudahkan kita untuk berkomunikasi.
  • Persebaran informasi yang sangat cepat lewat internet.
  • Memperluas jaringan komunikasi, dimana internet tidak dibatasi oleh jarak.

Dampak Negatif:

  • Penyalahgunaan website/situs untuk tujuan tertentu.
  • Anak-anak mudah untuk mendapatkan informasi yang tidak baik.
  • Memudahkan terjadinya kejahatan di dunia maya (Cybercrime).

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa Globalisasi banyak berdampak baik di suatu negara, tetapi tidak sedikit dampak buruk pula. Kita sebagai masyarakat yang sudah berada di era Globalisasi harus mempersiapkan diri agar bisa mengambil hal-hal yang berdampak positif dan menjaga diri agar bisa menolak dan meminimalisir dampak negatifnya.

Sekian penjelasan singkat tentang Pengertian Globalisasi,   Teori Globalisasi, Faktor Pendorong Globalisasi dan Dampak Globalisasi. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pelajaran untuk kita semua.

 

Muhammad Nazar Gamers Indonesia sejak 2007, Menjadi pengurus beberapa Organisasi di DKI Jakarta, Lulusan di salah satu Sekolah favorit di DKI Jakarta, Terjun di bidang blogger ini ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *