Muhammad Nazar Gamers Indonesia sejak 2007, Menjadi pengurus beberapa Organisasi di DKI Jakarta, Lulusan di salah satu Sekolah favorit di DKI Jakarta, Terjun di bidang blogger ini ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui website pribadi.

Pengertian Komunikasi: Definisi, Proses, Fungsi dan Jenisnya

4 min read

Pengertian Komunikasi adalah

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, kenapa ? karena setiap orang perlu adanya interaksi atau hubungan dengan orang lain, sehingga komunikasi sangat diperlukan untuk memudahkan kedua pihak saling mengerti maksud dan tujuan. Kita harus memahami ilmu komunikasi dengan benar agar bisa menerapkannya dengan baik. Definisi komunikasi adalah suatu aktivitas yang dilakukan dua orang atau lebih dalam melakukan pertukaran informasi untuk tujuan tertentu, baik secara langsung melalui lisan maupun secara tidak langsung dengan menggunakan media.

Pengertian Komunikasi menurut para Ahli

Agar kita bisa memahami arti komunikasi, kita bisa merujuk kepada pendapat para ahli berikut ini:

1. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, arti komunikasi ialah hubungan kontak antara manusia baik secara individu maupun kelompok.

2. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses suatu ide yang dialihkan dari sumber yang satu ke sumber yang lainnya atau lebih, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku.

3. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers dan D. Lawrence Kincaid, definisi komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih saling melakukan pertukaran informasi satu sama lain, yang bergantian secara bergilir akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

4. James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, arti komunikasi ialah proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan menyampaikan pesan untuk orang lain.

5. Hoben

Menurut Hoben, pengertian komunikasi adalah suatu proses pertukaran pemikiran maupun ide dan gagasan yang disampaikan secara lisan.

6. Anderson

Menurut Anderson, definisi komunikasi adalah suatu proses pertukaran maksud yang terjadi dengan dinamis dan konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

7. Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, definisi komunikasi adalah suatu arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

8. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, pengertian komunikasi adalah wujud interaksi manusia yang keduanya memiliki ikatan dan saling mempengaruhi, baik sengaja maupun tidak disengaja. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk verbal, namun termasuk ekspresi muka, teknologi, dan lukisan seni.

9. Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, pengertian komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.

10. William I. Gordon

Menurut William I. Gordon, pengertian komunikasi ialah sebuah pertukaran dinamis yang termasuk perasaan serta gagasan.

11. William Albig

Menurut William Albig, pengertian komunikasi adalah rangkaian tahapan pertukaran kata yang memiliki makna yang dilakukan antar individu atau lebih.

12. Djenamar SH

Menurut Djenamar SH, pengertian komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan dan informasi yang dilakukan seseorang kepada orang lain.

13. Lexicographer

Menurut Lexicographer, pengertian komunikasi adalah upaya yang dilakukan dua orang atau lebih yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Tujuan yang diinginkan keduanya akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang ditransfer.

14. Murphy dan Mendelson

Menurut Murphy, komunikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

15. Sarah Trenholm dan Arthur Jensen

Menurut Sarah Trenholm dan Arthur Jensen, pengertian komunikasi adalah proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui berbagai macam saluran.

Syarat-Syarat Komunikasi:

Ketika kita ingin melakukan komunikasi, maka kita harus mengetahui syarat-syaratnya, antara lain sebagai berikut:

  • Sumber (Source)

Bahan dasar dalam menyampaikan pesan untuk memperkuat isi pesan. Contohnya lembaga, buku, media massa, orang yang dianggap memiliki ahli, dan lain-lain.

  • Komunikator

Pelaku yang melakukan penyampaian pesan kepada orang lain dalam bentuk tulisan (media) atau lisan. Pelaku ini ada yang secara individu yaitu bisa seorang blogger, pembicara, penulis, dan sebagainya ataupun secara kelompok atau organisasi komunikasi (televisi, radio, surat kabar, majalah, dan lain-lain).

  • Komunikan

Pihak yang menerima pesan yang disampaikan dari komunikator yang bisa berupa individu, kelompok, dan organisasi.

  • Pesan

Keseluruhan maksud dan tujuan yang disampaikan oleh seorang komunikator. Pesan ini memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha untuk mengubah sikap orang lain.

  • Saluran (Kanal)

Media yang digunakan oleh si komunikator untuk tempat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan, yakni saluran resmi atau formal dan tidak resmi atau non formal.

  • Hasil (Effect)

Hasil akhir dari suatu komunikasi yang sudah terjadi. Hasil akhir ini bentuknya perubahan yang terjadi oleh pelaku dan komunikan.

Proses Komunikasi

Untuk tercapainya hasil/effect dari kita berkomunikasi, tentu kita telah melalui proses-proses komunikasi. Nah, berikut adalah proses komunikasi:

  • Komunikator (Sender)

proses awal komunikasi yang mempunyai maksud dan tujuan melakukan komunikasi kepada orang lain dengan mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan tersebut bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun simbol-simbol yang bisa dimengerti oleh kedua pihak.

  • Pesan (Message)

Pesan itu lalu disampaikan melalui media (secara langsung maupun tidak langsung) atau dengan tatap muka.

  • Komunikan (Receiver)

Menerima pesan yang disampaikan dan memahami isi pesan yang diterimanya.

  • Effect

Memberikan umpan balik atau tanggapan atas pesan yang sudah diterima, apakah dia bisa menegerti apa yang dimaksud oleh si pengirim.

Fungsi Komunikasi

Komunikasi memiliki beberapa fungsi untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah fungsi komunikasi:

  • Sebagai kendali – Fungsi pertama komunikasi ialah sebagai alat kendali/kontrol. Dimana fungsi ini dimaksudkan untuk mengendalikan perilaku anggota atau orang lain. Dengan komunikasi diharapkan untuk memberikan arahan kepada orang lain agar mengikuti keinginan kita.
  • Sebagai motivasi – Menyampaikan informasi untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan akan membangun motivasi seseorang. Tidak hanya dilakukan oleh para Motivator, tetapi orang sekelilingnya pun mampu untuk memberikan motivasi dari cara mereka berkomunikasi.
  • Sumber informasi – Melalui komunikasi kita akan mendapatkan sebuah informasi yang diperlukan dari setiap individu ataupun kelompok untuk mengambil keputusan sesuai dari informasi yang diperoleh.

Jenis – Jenis Komunikasi

Secara umum, komunikasi terbagi menjadi dua macam, yaitu:

Secara umum:

  • Komunikasi Verbal:

Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan kata-kata, baik secara lisan maupun tulisan, dengan media bahasa.

  • Komunikasi Non Verbal:

Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, misalnya ; desah, jeritan, intonasi, dan lain-lain.

Macam-Macam Komunikasi:

1. Komunikasi berdasarkan cara penyampaian:

  • Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan adalah komunikasi yang berlangsung tanpa adanya jarak antar komunikator dan komunikan. Contoh komunikasi misalnya ; dua orang yang sedang berbicara, rapat kerja, wawancara kerja, dan lain-lain. Komunikasi lisan juga bisa dilakukan dengan jarak jauh, misalnya percakapan melalui telepon ataupun video call.

  • Komunikasi Tulis

Komunikasi tulis yaitu komunikasi yang biasa dilakukan melalui alat komunikasi yaitu aplikasi atau media sosial. Misalnya ; mengirim pesan melalui facebook, whatsapp, BBM, email dan lainya.

2. Komunikasi berdasarkan kelangsungannya:

  • Komunikasi langsung (Direct Communication) – Komunikasi tatap muka atau berhadap-hadapan.
  • Komunikasi tidak langsung (Indirect Communication) – Komunikasi yang menggunakan media atau perantara, misalnya telepon, surat, email, atau media massa.

3. Komunikasi berdasarkan jumlah komunikan:

  • Komunikasi intrapersonal (Intrapersonal Communication)
  • Komunikasi antarpribadi (Interpersonal Communication)
  • Komunikasi kelompok (Group Communication)
  • Komunikasi publik ( Public Communication)
  • Komunikasi massa (Mass Coummunication)

4. Komunikasi berdasarkan ruang lingkup:

Komunikasi yang berlangsung dalam lingkungan organisasi atau perusahaan yang hanya terjadi antar anggota organisasi atau perusahaan tersebut. Komunikasi internal dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

  • Komunikasi vertikal – Komunikasi dari atas ke bawah atau bawah ke atas. Contohnya komunikasi yang dilakukan dari pimpinan ke bawahan atau bawahan ke atasan secara timbal balik yang berlangsung secara formal.
  •  Komunikasi horizontal – Komunikasi secara mendatar. Contohnya komunikasi antar karyawan dengan karyawan yang seringkali berlangsung tidak formal.
  • Komunikasi diagonal – Komunikasi secara silang, yaitu komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain yang berbeda dalam kedudukan dan bagian.

5. Komunikasi berdasarkan level komunikasi:

  • Komunikasi intrapribadi (Intrapersonal Communication) – Kmunikasi yang terjadi pada diri seseorang.
  • Komunikasi antarpribadi (Interpersonal Communication) – Komunikasi yang dilakukan oleh dua orang.
  • Komunikasi kelompok (Group Communication) – Komunikasi antara satu orang dengan sekelompok orang atau massa.
  • Komunikasi organisasi (Organizational Communication) – Komunikasi yang terjadi dalam sebuah organisasi
  • Komunikasi massa (Mass Communication) – Komunikasi yang dilakukan melalui media massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan media sosial.

6. Komunikasi berdasarkan aliran informasi:

  • Komunikasi satu arah – Komunikasi yang terjadi dari satu pihak.
  • Komunikasi dua arah – Komunikasi yang bersifat timbal balik dimana dua individu saling memberikan respon atau feedback pada komunikatornya.
  • Komunikasi ke atas – Komunikasi yang terjadi dari bawahan ke atasan.
  • Komunikasi ke bawah – Komunikasi yang terjadi dari atasan ke bawahan.
  • Komunikasi kesamping – Komunikasi yang terjadi karena adanya persamaan kedudukan.

Demikian penjelasan tentang pengertian komunikasi, definisi, syarat, proses, fungsi dan jenisnya. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan kalian.

Muhammad Nazar Gamers Indonesia sejak 2007, Menjadi pengurus beberapa Organisasi di DKI Jakarta, Lulusan di salah satu Sekolah favorit di DKI Jakarta, Terjun di bidang blogger ini ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *